MENGENAL CRONJOB / CRONTAB

ulun
0


1. PENGERTIAN

 Crontab adalah perintah untuk menjadwal agar sistem tersebut akan melakukan tugasnya sesuai yang kita ketikkan atau kita tuliskan pada menu crontab. crontab memliki fungsi penjadwalan yang memungkinkan rekaman tersebut akan tereksekusi secara otomatis secara berkala dari sistem itu sendiri.
  Umumnya, crontab menggunakan daemon yang disebut crond, yang dengan sendirinya terus berjalan di latar belakang dan, satu menit sekali, membaca isi dari daftar perintah yang dijadwalkan dan mengeksekusi mereka yang telah habis masa tunggu. Sebuah perintah yang dikirim berjalan dari crontab disebut cronjob.

2. CARA KERJA

   karena kita tahu bahwa Linux ataupun UNIX merupakan sistem operasi yang multitasking dan multiuser, sehingga sangat tepat digunakan untuk menjalankan berbagai operasi yang bersifat critical mission. Secara singkat cron dijalankan dengan menggunakan perintah crontab.
  Crontab sendiri akan menyimpan baris-baris perintah tersebut pada direktori /var/spool/cron/crontab. Untuk dapat menjalankan crontab, pastikan bahwa sistem Linux anda telah menjalankan daemon yang bernama crond pada waktu booting. Pada dasarnya tidak ada perintah yang bernama cron, akan tetapi anda hanya menggunakan utilitas crontab dan daemon crond.

3. REFERENSI

4. PENUTUP

 sekian dulu dari saya . semoga dengan saya meshare crojob ini anda dapat melakukan penjadwalan terhadap sistem anda, tetap semangat dan GOOD LUCK

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)